Ini adalah contoh proses perkuliahan saya, yaitu sebagian hasil diskusi di SGD 1 (Small Group Discussion)
Skenario : Kedokteran keluarga dan BPJS
Step 1
· JKN : Program jaringan sosial
yang menjamin biaya pemeliharaan kesehatan serta pemenuhan kebutuhan dasar yang
diselenggarakan Nasional secara bergotong royong wajib bagi seluruh rakyat
Indonesia dengan membayar iuran berkala / dibayari oleh pemerintah kepada badan
penyelenggara jaminan sosial kesehatan.
· Holistik : Memandang manusia secara utuh
dan mencakup segala aspek, memahami, mendekati dan memperlakukan manusia
sebagai satu kesatuan yang utuh.
· Klinik : Bagian dari tempat pelayanan
kesehatan.
· Komprehensif : Kesiapan / kemampuan untuk menyusun
suatu program secara luas.
· BPJS : Badan Penyelenggara
Jaminan Sosial, merupakan badan hukum. Bentuk pemerintah untuk memberikan
jaminan kesehatan pada masyarakat.
· Sistem
rujukan : Penyelenggaran pelayanan
kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas secara horizontal maupun vertikal.
· Dokter
keluarga : Dokter yang bertanggung jawab
untuk menyediakan layanan kesehatan yang komprehensif kepada individu yang
membutuhkan layanan kesehatan dan bekerja sama dengan tenaga kesehatan lainnya
untuk memberikan layanan kesehatan yang dibutuhkan.
Step
2
- Apa saja tugas dari dokter keluarga?
- Tujuan pelayanan dokter keluarga?
- Karakteristik dokter keluarga?
- Apa saja kelebihan dan kekurangan dokter keluarga?
- Sebutkan 9 prinsip layanan dokter keluarga?
- Bagaimana standar pelayanan dokter keluarga yang baik?
- Apa perbedaan dokter keluarga dengan dokter umum?
- Apa yang di maksud dengan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif?
- Tujuan dari BPJS?
- Siapa saja peserta dari pelayanan BPJS?
- Manfaat sistem rujukan?
- Bagaimana sistem rujukan yang benar?
- Apa yang dimaksud dengan anamnesis dan diagnosis holistik dalam dokter keluarga ?
- Apa hubungan aspek personal, aspek medis, aspek internal, aspek eksternal, fungsional, biopsikokultural dalam anamnesis dan diagnosis holistik?
- Apa macam2 bentuk layanan dokter keluarga?
1. Apa
saja tugas dari dokter keluarga?
Mendiagnosis
secara cepat dan tepat dan memberikan terapi, menyediakan pelayanan primer,
memantau pasien yang telah di rujuk, melakukan tindakan tahap awal (terutama
pada kasus berat), dan meningkatkan derajat kesehatan (misalnya preventif,
promotif , kuratif dan rehabilitasi)
2. Tujuan
pelayanan dokter keluarga?
Ø Menyelesaikan
masalah keluarga, dimana dari keluarga itu sehat dari jiwa, sosial, dan juga
sehat sejahtera badan sampai produktif secara ekonomi dan sosial.
Ø Memberikan
pelayanan aktif bagi yang sehat dan sakit, Pemerataan pelayanan.
Ø 2
tujuan, tujuan umum : terwujudnya keadaan sehat bagi setiap anggota keluarga. Tujuan
khusus : terpenuhinya kebutuhan keluarga akan pelayanan kedokteran yang lebih efektif dan efisien.
3. Karakteristik
dokter keluarga?
Melayani
secara maksimal terhadap pasien, mendiagnosis dini secara bertahap, memberikan
pelayan yang responsif dan bertanggung jawab.
Melayani
pasien tidak hanya perseorangan tapi 1 keluarga. Memberikan pelayanan secara
lengkap dan sempurna serta menyeluruh.
Membuat
efisien penggunaan sumber daya kesehatan dengan pelayanan koordinatif, melakukan
pendekatan person center yang berorientasi individu, keluarga dan komunitas.
Adanya tanggung jawab untuk menyediakan pelayanan kesehatan secara
berkesinambungan sesuai kebutuhan pasien.
Harus
mempunyai kompeten 180 penyakit, memberikan pelayanan secara menyeluruh tanpa
batasan usia, tidak hanya perseorangan tetapi keluarga juga.
4. Apa
saja kelebihan dan kekurangan dokter keluarga?
Kekurangan
:
· hanya
menangani tahap awal (preventif dan promotif)
· prakteknya
ramai, jadi waktu komunikasi dokter – pasien terbatas
Kelebihan :
· memberikan
pelayanan secara menyeluruh
· pasien
tidak langsung ke RS (penanganan tahap awal lebih cepat)
5. Sebutkan
9 prinsip layanan dokter keluarga?
· Pelayanan
komprehensif dengan pendekatan holistik
· Pelayanan
secara kontinu (berkelanjutan)
· Pelayanan
yang mengutamakan pencegahan
· Pelayanan
secara koordinatif dan kolaboratif
· Penanganan
personal bagi setiap pasien sebagai bagian integral dari keluarganya
· Pelayanan
yang mempetimbangkan keluarga, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja
· Pelayanan
yang menjunjung tinggi etika dan hukum
· Pelayanan
yang sadar biaya
· Pelayanan
yang dapat di audit dan dipertanggung jawabkan
6. Bagaimana
standar pelayanan dokter keluarga yang baik?
Karakteristik
dokter keluarga harus terpenuhi.
7. Apa
perbedaan dokter keluarga dengan dokter umum?
Perbedaan
|
Dokter umum
|
Dokter keluarga
|
Pelayanan
|
Perorangan
|
1 keluarga
|
Asuransi
|
Tidak ada
|
Ada
|
Jenis
|
Kuratif dan rehabilitatif
|
Preventif dan promotif
|
Waktunya
|
terbatas
|
24 jam
|
8. Apa
yang di maksud dengan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif?
Promotif
: usaha mempromosikan kepada masyarakat dengan penyuluhan, lebih ke medianya
(pamflet, poster dll)
Preventif
: mencegah terjadinya suatu penyakit
Kuratif
: pengobatan terhadap suatu penyakit,
Rehabilitatif
: mengembalikan penderita kepada masyarakat
9. Tujuan
dari BPJS?
· Menciptakan
masyarakat yang punya pola perilaku hidup sehat.
· Bentuk
perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan
yang layak.
10. Siapa
saja peserta dari pelayanan BPJS?
PBI
(pesertanya fakir miskin, orang tidak mampu dan peserta dengan cacat fisik
maupun mental dengan sistem iuran yang dibayari pemerintah) dan non PBI
(peserta BPJS dengan anggota seperti pekerja penerima upah (PNS, Polri, pejabat
negara, TNI, pegawai swasta, pegawai pemerintah non PNS) dan anggota keluarganya,
pekerja non penerima upah (pekerja mandiri, pedagang, wiraswasta) dan anggota
keluarganya serta bukan pekerja (investor, penerima pensiun, veteran) dan
anggota keluarganya).
Setiap
warga asing boleh menjadi peserta BPJS dengan syarat sudah tinggal di Indonesia
minimal 6 bulan.
11. Manfaat
sistem rujukan?
Pasien
safety nya lebih terjamin, misal dokter layanan primer tidak dapat menangani
dapat di rujuk ke dokter spesialis. Menghindari salah diagnosis. Membantu
mendiagnosis penyakit yang berat.
12. Bagaimana
sistem rujukan yang benar?
13. Apa yang dimaksud dengan anamnesis dan diagnosis holistik dalam dokter keluarga ?
14. Apa hubungan aspek personal, aspek medis, aspek internal, aspek eksternal, fungsional, biopsikokultural dalam anamnesis dan diagnosis holistik?
15. Apa macam2 bentuk layanan dokter keluarga?
Lucky Club Casino site - Login and play today
BalasHapusLucky Club Casino luckyclub is a casino that offers great casino and sports betting to the whole family. It has been in operation since 2015. Lucky Club Casino is