Senin, 14 Desember 2015

LKMM Pra Dasar "CORONARY" 2015

       Alhamdulillah, Fakultair pun telah berakhir dengan menyenangkan. Saya kira itu adalah penutupan dari segala rangkaian orientasi universitas dan fakultas. Ternyata, dugaanku salah. Itu adalah awal kehidupan baru saya di FK. Kami disambut oleh LKMM Pra Dasar "CORONARY" 2015 yang panitianya adalah angkatan 2012. Mereka adalah kakak-kakak yang paling baik.  Mereka rela menghabiskan waktu mereka untuk mendidik kami agar menjadi lebih baik lagi. Mereka menyiapkan konsep kegiatan hingga berbulan-bulan. Mereka rela berangkat pagi dan pulang malam hanya untuk mendiskusikan semuanya. Mereka rela menunda sebentar proses pembuatan KTI mereka. Mereka mengajarkan banyak hal kepada kami, diantaranya tentang kebersihan, kerapian, kesopanan, keberanian, kebersamaan dan masih banyak lagi. Kuku kami dituntut untuk selalu bersih, pendek dan rapi. Pakaian kami pun tak boleh lecek sedkitpun. Kami harus ramah kepada siapapun, entah itu dosen, kakak tingkat, pak satpam, pegawai dan lainnya. Kami harus selalu senyum dan menyapa siapa saja yang kami temui. Setiap evaluasi, kami di pancing agar berani mengungkapkan pendapat. Sungguh semua itu demi kebaikan kami. Itu semua yang akan menjadikan kami dapat meraih "seven star doctor".
       
       Salah satu kegiatan LKMM adalah pengabdian masyarakat. Kegiatan itu merupakan contoh bagaimana nanti kami berhadapan langsung dengan masyarakat. Ketika itu, pengabdian masyarakat dilakukan di dekat daerah pantai. Ketika pertama sampai di sana kami banyak bersyukur karena kami masih banyak orang-orang yang tak seberuntung kami. Kami dapat menikmati toilet pribadi di rumah kami masing-masing, sedangkan mereka masih menggunakan toilet umum. Ketika pengmas kami melakukan penyuluhan tentang ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), HIV/AIDS dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Selain itu, kami juga memberikan pemeriksaan tensi darah.
        Setelah pengmas, minggu berikutnya adalah penutupan LKKM dengan outdoor di Kopeng, Salatiga. Disana kami mendapatkan banyak hal yang mungkin tak pernah dapat kami dapatkan sebelumnya. Kesannya tak dapat dituliskan dengan kata-kata, yang pasti moment itu tak akan terlupakan.

#endorphin2015

5 komentar: